Polisi dan Penjahat
Quote:
Permainan diikuti oleh lebih dari 20 peserta, dengan
formasi bergandengan tangan membuat satu lingkaran,
tentunya dengan posisi berdiri.Pemandu mengkaitkan sebuah hulahop pada salah
satu gandengan tangan yang telah membentuk lingkaran tersebut. selanjutnya
searah jarum jam berputar, pemandu mengkaitkan sebuah sarung pada salah satu
gandengan tangan dengan jarak kira-kira 10 peserta.jika peserta sudah siap,
pemandu memberi aba-aba kepada peserta untuk memindahkan hulahop dan sarung
kepada peserta dalam lingkaran, bergerak searah jarum jam, tentunya tidak
diperbolehkan melepas gandengan tangan.Hulahop dalam permainan ini, diibaratkan
sebagai polisi yang bergerak mengejar penjahat. Sedangkan sarung adalah adalah
penjahat yang berusaha berlari menghin dari kejaran polisi.Permainan akan
berakhir jika posisi hulahop dan sarung bertemu pada salah satu peserta dalam
lingkaran, selanjutnya peserta ini akan diberi hukuman.Peralatan yang
dibutuhkan : Sebuah hulahop dan sarung.
Tujuan
Permainan :
Untuk
mencairkan suasana selama kegiatan.
Menyusun Cerita
Quote:
Permainan ini bertujuan melatih
seseorang untuk membuat sebuah opini, dan merupakan permainan kompetisi antar
kelompok. pemandu menyediakan beberapa lembar kertas yang berisi sebuah gambar
dan harus berbeda dengan yang lainnya. Jumlah kertas bergambar haruslah sama
dengan jumlah peserta yang mewakili kelompoknya.Langkah awal kelompok yang
beradu, membuat barisan saling berhadapan dengan kelompok lainnya, bisa juga
semua peserta membuat formasi lingkaran. Intinya pemandu akan meletakan kertas
bergambar ditengah-tengah para peserta agar semua peserta dapat mengambilnya
secara bersamaan.Setelah siap, pemandu memberi aba-aba agar semua peserta
segera mengambil kertas bergambar secara bersamaan, ingat tiap peserta harus
mengambil satu lembar kertas. Setelah semua peserta mendapat kertas bergambar,
pemandu mempersilahkan masing-masing kelompok untuk berdiskusi menyusun gambar menjadi
sebuah cerita menarik.Kemudian, saatnya setiap kelompok harus membawakan
ceritanya kepada semua peserta lainnya. Caranya, masing ?masing anggota
kelompok harus berbaris membawa dan menunjukan gambar sesuai urutan cerita.
dimulai dari anggota yang pertama, mulai menceritakan bagian ceritanya
masing-masing. Kemudian dilanjutkan sesuai urutan dalam barisan tersebut. Jadi
masing-masing anggota mendapat kesempatan untuk bercerita, namun isi cerita
harus berkaitan dengan isi cerita anggota sebelumnya. Penilaiannya adalah
berdasarkan isi cerita yang sesuai dan menarik.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta.
Tujuan dari permainan ini adalah :Mengajak setiap peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya.Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta.
Tujuan dari permainan ini adalah :Mengajak setiap peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya.Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan.
Karapan Sapi
Quote
Karapan
Sapi berasal dari Pulau Madura ? Jawa Timur Indonesia, yang merupakan jenis
olah raga pacu yang menggunakan dua ekor sapi untuk membawa seorang joki,
tentunya dengan sebuah kereta yang menyerupai bajak sawah. Dalam permainan
outbond karapan sapi ini, tidak menggunakan dua ekor sapi. Jadi jangan salah
paham ya, karena kita akan gunakan istilah karapan sapi sebagai nama dari
permainan outbond.Permainan ini merupakan pertandingan yang menyerupai karapan
sapi, setiap kelompok terdiri dari 3 orang. 2 orang bertugas menarik karapan
dan 1 orang sebagai jokinya.Panitia menyediakan 4 buah karung goni yang akan
digunakan sebagai karapannya.Aturan mainnya setiap kelompok akan bertanding
secara bertahap. Sebagai persiapan, masing-masing kelompok yang bertanding
mendapat 1 karung goni, 2 orang bersiap untuk menyeret karung goni dan 1 orang
duduk sambil berpegang erat diatas karung goni.Setelah aba-aba mulai terdengar,
barulah setiap kelompok yang telah siap berada digaris start bergerak menyeret
karung goninya menuju garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai
garis finish dan joki tidak terjatuh dari karungnya
Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Membangun
kerjasama kelompok, dengan strateginya.
Untuk
membuat perlombaan antar kelompok
Saran Lakukan permainan ini pada tempat
yang rata dan kering, hamparan pasir dipantai sangat cocok untuk permainan ini.
Berebut Topi Rimba
Quote:
Semua
peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita
ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian
kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu
orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10
meter.Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian
gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal
ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok
lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama.Letakan 10 topi
rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah
ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan
dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan
nomornya.Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu
nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba
nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya
adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba.
Perlengkapan yang disiapkan :10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain.Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada.
Tujuan dari permainan ini adalah :Membuat perlombaan antar kelompok.Masing - masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu.Ketangkasan peserta dalam berlomba.
Perlengkapan yang disiapkan :10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain.Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada.
Tujuan dari permainan ini adalah :Membuat perlombaan antar kelompok.Masing - masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu.Ketangkasan peserta dalam berlomba.
Barisan Nama
Quote:
Barisan
nama, adalah sebuah permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri
dari 5 sampai dengan 10 orang. Aturan mainnya setiap peserta diberi penjepit
kertas, alat tulis dan satu lembar kertas A4 warna putih yang tidak ada
tulisan.Pemandu memberikan perintah agar semua peserta menuliskan nama depannya
pada selembar kertasnya masing-masing, tulisan harus menggunakan huruf capital
dan cukup besar untuk dilihat dari jarak 3 meter.Setelah semua peserta
menuliskan namanya, kertas ditempelkan di dada dengan menggunakan penjepit
dengan posisi tulisan nama dapat terlihat di dada dengan jelas.Secara spontan,
pemandu memberikan perintah kepada peserta untuk membuat satu barisan dalam
kelompoknya masing-masing. Posisi peserta dalam barisan tidak boleh sembarangan
dan haruslah urut sesuai dengan abjad nama yang telah ditulis diatas kertas.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas, alat untuk menulis dan penjepit (peniti)
Tujuan dari permainan ini adalah :Jika berjalan sendiri-sendiri, penyusunan formasi akan berbenturan dengan masing-masing pemikiran setiap peserta, sehingga permainan akan tampak kacau. Dari kejadian ini, sangat penting bagi setiap kelompok untuk memiliki seorang leader yang dapat memimpin dan mengatur kelompoknya membuat barisan nama.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas, alat untuk menulis dan penjepit (peniti)
Tujuan dari permainan ini adalah :Jika berjalan sendiri-sendiri, penyusunan formasi akan berbenturan dengan masing-masing pemikiran setiap peserta, sehingga permainan akan tampak kacau. Dari kejadian ini, sangat penting bagi setiap kelompok untuk memiliki seorang leader yang dapat memimpin dan mengatur kelompoknya membuat barisan nama.
Memindahkan Sarung
Quote:
Merupakan jenis permainan
kompetisi antar kelompok, Permainannya adalah memindahkan barang dengan sarung
yang digantungkan di kepala secara estafet, namun tidak boleh menggunakan
tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memindahkan barang dengan
sarung.Permainan ini hampir sama dengan memindahkan kalung tali secara estafet
dan tidak ada barang yang digantungkan. Pada permainan ini barang dibawah
dengan sarung, seperti ayunan bayi (barang bisa berupa bola atau apa saja), nah
tentu saja akan lebih sulit karena selain sarung yang dikalungkan di kepala
harus cepat dipindah, serta barang yang dibawah tidak boleh jatuh.Perlengkapan
yang disiapkan :
Sarung, dalam hal ini anjurkan setiap peserta untuk membawa sarung dalam daftar perlengkapan pribadi.
Barang yang akan dibawa bisa berupa batu, timba berisi air dan lain-lain.Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerja sama kelompok.Permainan ketangkasan dalam melakukan permainan ini.
Sarung, dalam hal ini anjurkan setiap peserta untuk membawa sarung dalam daftar perlengkapan pribadi.
Barang yang akan dibawa bisa berupa batu, timba berisi air dan lain-lain.Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerja sama kelompok.Permainan ketangkasan dalam melakukan permainan ini.
Bola Ping Pong
Quote:
Merupakan
jenis permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai
10 peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis
barisan dengan berdiri. Setiap peserta memegang 2 sumpit, dimulai dari peserta
pertama akan membawa bola ping-pong dengan sumpit, kemudian memberikan kepada
anggota kelompokan secara berurutan, hingga bola dapat berpindah kepada anggota
yang paling akhir. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan bola,
dan memiliki waktu tercepat dalam menyelesaikan permainan ini.Perlengkapan
yang disiapkan :Bola ping pong seusai dengan jumlah kelompok, sumpit untuk
masing - masing peserta mendapat 2 buah.Tujuan dari permainan ini adalah :membangun
kerjasama dan ketangkasan untuk menyelesaikan permainan ini.
Presentasi Produk Unggulan
Quote:
Semua
peserta dibentuk dalam beberapa kelompok, dengan bahan yang telah ditentukan
diharuskan membuat hasil kerajinan tangan. Secara bergiliran harus
mempresentasikan hasil karyanya kepada semua peserta yang hadir. Pemenangnya
adalah hasil karya yang mendapatkan minat dari semua peserta.Perlengkapan
yang disiapkan :lem kayu, stick penggangan ice cream.Tujuan dari
permainan ini adalah :Melakukan permainan kreatifitas antar kelompok dalam
membuat produk menarik.
Memberi kesempatan kelompok untuk melakukan presentasi tentang produknya.
Memberi kesempatan kelompok untuk melakukan presentasi tentang produknya.
Memindahkan
Kalung Tali
Quote:
Merupakan
jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai
10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu
garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari
peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh
menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung
tali tersebut.Perlengkapan yang disiapkan :Tali tampar untuk kalung
sesuai jumlah kelompok.Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun
kerjasama tim.
Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.
Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.
Benang Kusut
Quote:
Merupakan jenis permainan kelompok
yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur menyiapkan tali rafia
sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat itu. Kemudian
ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan instruktur.
Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung tali di tangan
kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali dilakukan
serentak.Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak dapat menarik
ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh para pemain
lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut. Tantangannya, satu
kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi menjadi sebuah
formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu penyelesaiannya.Peralatan
yang disiapkan :tali raffiaTujuan dari permainan ini adalah :Membangun
kerjasama dan ketangkasan dalam sebuah kelompok
Nama Saya Adalah
Quote:
Dalam
permainan ini, semua peserta harus mengenalkan dirinya. Sebelumnya buatlah
formasi agar seluruh peserta berdiri membuat lingkaran. Kemudian secara acak
pemandu menunjuk salah satu peserta untuk mengenalkan dirinya kepada semua
peserta, namun peserta yang mengenalkan diri harus menyebutkan nama depannya
dan sebuah nama alias yang unik, sebagai contoh ?Nama Saya Udin Kumis!? (Karena
peserta tersebut bernama asli Udin, dan kebetulan memiliki kumis yang
lebat).Mengenalkan diri cukup hanya dengan satu contoh kalimat tersebut diatas,
dan harus dilakukan untuk semua peserta. Permainan ini cukup menghibur, karena
kebanyakan peserta mengenalkan dirinya dengan malu-malu dan mungkin lucu.
Lakukan permainan ini untuk mencairkan suasana.Tujuan dari permainan ini
adalah Membangun komunikasi peserta kelompok.Melepas segala atribut,
jabatan dan status masing-masing peserta.
Intelegensia
Leader
Quote:
Merupakan
permainan kompetisi individu untuk mencari ketua kelompok. Intelegensia leader
sangat mengandalkan daya ingat, dan semua peserta harus mengikuti kompetisi
ini. Untuk peserta dengan nilai tertinggi dan menduduki rangking 1 dan 2, akan
ditunjuk sebagai leader dalam kelompok.
Permainannya adalah, setiap beserta diberikan lembar soal yang berisi 20 pertanyaan yang sangat mudah. Instruktur menyiapkan lembar kunci jawaban yang boleh dicontek oleh setiap peserta, namun urutan nomor pada lembar kunci jawaban tidak sesuai dengan urutan pertanyaan pada lembar soal. Dan peserta hanya boleh menulis nomor angka dalam menjawab.ada saat mencontek, lembar kunci jawaban berada 5 meter didepan posisi peserta. Peserta harus beranjak melihat kunci dan harus meninggalkan lembar soal pada posisi awal. Dalam intelengensia leader permainan dibatasi oleh waktu, masing-masing 3 menit untuk dapat menjawab pertanyaan. Pada akhir permainan, semua lembar soal yang berisi jawaban di kumpulkan dan dinilai oleh instruktur. Setelah mendapat 2 leader, seluruh jumlah peserta dibagi menjadi 2 kelompok.Alat - alat yang dibutuhkan adalah :Stopwatch, Lembar soal dengan 20 pertanyaan mudah sebanyak jumlah peserta, Lembar kunci jawaban sebanyak 5 lembar.Tujuan dari permainan ini adalah :Mengasah daya ingat masing - masing peserta.Mencari ketua kelompok, karena peserta yang memiliki nilai terbaik akan ditunjuk untuk memimpin kelompok.
Permainannya adalah, setiap beserta diberikan lembar soal yang berisi 20 pertanyaan yang sangat mudah. Instruktur menyiapkan lembar kunci jawaban yang boleh dicontek oleh setiap peserta, namun urutan nomor pada lembar kunci jawaban tidak sesuai dengan urutan pertanyaan pada lembar soal. Dan peserta hanya boleh menulis nomor angka dalam menjawab.ada saat mencontek, lembar kunci jawaban berada 5 meter didepan posisi peserta. Peserta harus beranjak melihat kunci dan harus meninggalkan lembar soal pada posisi awal. Dalam intelengensia leader permainan dibatasi oleh waktu, masing-masing 3 menit untuk dapat menjawab pertanyaan. Pada akhir permainan, semua lembar soal yang berisi jawaban di kumpulkan dan dinilai oleh instruktur. Setelah mendapat 2 leader, seluruh jumlah peserta dibagi menjadi 2 kelompok.Alat - alat yang dibutuhkan adalah :Stopwatch, Lembar soal dengan 20 pertanyaan mudah sebanyak jumlah peserta, Lembar kunci jawaban sebanyak 5 lembar.Tujuan dari permainan ini adalah :Mengasah daya ingat masing - masing peserta.Mencari ketua kelompok, karena peserta yang memiliki nilai terbaik akan ditunjuk untuk memimpin kelompok.
Lingkar Konsentrasi
Quote:
Semua
peserta membentuk formasi lingkaran, bergandengan tangan, berdiri dan instruktur
berada ditengah lingkaran. Permainannya adalah masing -masing peserta
menyebutkan bilangan secara berurutan. Dimulai dari peserta pertama yang
ditunjuk oleh instruktur, dilanjutkan oleh peserta berikutnya searah jarum jam,
disetiap bilangan kelipatan 5, peserta tidak boleh menyebutkan bilangan, namun
harus menyebutkan yel-yel yang telah disepakati. Jika ada kesalahan dalam
menyebut, maka permainan harus diulang dari awal. Permainan akan berakhir jika
seluruh peserta dapat menyebut dengan benar.Sasaran dalam permainan ini adalah,
konsentrasi dan kerjasama tim. Silakan melakukan pengembangan dalam konsep
permainan ini, semisal menyebutkan angka bilangan genap, bilangan prima dan
lain-lain. Sebaiknya lakukan permainan lingkar konsentrasi di awal rangkaian kegiatan
outbond, karena sangat membantu dalam mencairkan suasana kebersamaan.Alat -
alat yang dibutuhkan adalah :Stopwatch apabila diperlukan untuk mengukur
waktu keberhasilan dalam menyelesaikan permainan lingkar konsentrasi.Tujuan
dari permainan ini adalah :Mengasah konsentrasi setiap peserta, mencairkan
suasana kegiatan.
Berlindung Dalam Lingkaran
Quote:
Buatlah
sebuah garis lingkaran pada tanah tempat bermain, perkirakan semua peserta
dapat berdiri di dalam lingkaran itu. Aturlah agar peserta yang sedang berada
dalam lingkaran dapat dijangkau oleh tangan salah satu peserta yang berada
diluar garis lingkaran.Permainannya adalah satu peserta yang berada di luar
lingkaran berusaha memegang peserta yang ada di dalam lingkaran, namun peserta
yang berada dalam lingkaran berusaha menghindar dan tidak boleh keluar dari
garis lingkaran. Begitu juga peserta yang berada di luar lingkaran tidak boleh
masuk ke dalam lingkaran. Jika ada peserta yang berada di dalam lingkaran
terpegang tangan oleh peserta di luar lingkaran, maka peserta tersebut harus
mengganti posisi sebagai peserta yang berada diluar lingkaran.Perlengkapan
yang disiapkan adalah :Tali rafia dan pasak untuk membuat marka lingkaran
pada tanah.Tujuan dari permainan ini adalah :Merupakan permainan yang
dapat diikuti oleh semua peserta dan hanya permainan ketangkasan untuk
menghindar pegangan peserta yang ada di luar lingkaran. Permainan ini sangat
menghibur.
Perkataan Simon
Quote:
Permainan
ini menguji kejelian semua peserta pada setiap perkataan pemandu. Dilakukan
oleh semua peserta dengan formasi berkumpul membentuk lingkaran. Aturan mainnya
adalah sebagai berikut :
Semua pemain harus mengikuti perkataan dari pemandu, namun pemandu harus mengawali perkataan dengan Kata Simon. Misalnya, kata simon semua harus maju selangkah, maka semua peserta harus maju satu langkah. Untuk yang tidak mengikuti perkataan ini dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman.Yang menarik dari permainan ini, pemandu berusaha menjebak semua peserta dengan perkataan yang tidak diawali dengan Kata Simon. Misalnya setelah maju selangkah silahkan duduk. Jika perkataan ini diikuti, peserta dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman. Karena ini bukan perkataan dari simon.Tujuan dari permainan ini adalah :Setiap peserta harus selalu memperhatikan ucapan yang didengarnya, dan tidak mudah terprovokasi.jadi jelaslah bahwa sebenarnya, semua harus jeli mengikuti perkataan simon. Jika tidak akan mendapat hukuman dari permainan ini.
Semua pemain harus mengikuti perkataan dari pemandu, namun pemandu harus mengawali perkataan dengan Kata Simon. Misalnya, kata simon semua harus maju selangkah, maka semua peserta harus maju satu langkah. Untuk yang tidak mengikuti perkataan ini dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman.Yang menarik dari permainan ini, pemandu berusaha menjebak semua peserta dengan perkataan yang tidak diawali dengan Kata Simon. Misalnya setelah maju selangkah silahkan duduk. Jika perkataan ini diikuti, peserta dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman. Karena ini bukan perkataan dari simon.Tujuan dari permainan ini adalah :Setiap peserta harus selalu memperhatikan ucapan yang didengarnya, dan tidak mudah terprovokasi.jadi jelaslah bahwa sebenarnya, semua harus jeli mengikuti perkataan simon. Jika tidak akan mendapat hukuman dari permainan ini.
Badai dan Hujan Rintik
Quote:
Permainan ini bertujuan untuk kebersamaan dan
relaksasi pada saat jeda kegiatan. Peserta membuat formasi lingkaran dan
menghadap kesamping kanan secara bersamaan. Kemudian pemandu akan memberikan
aba-aba lisan kepada semua peserta.Jika pemandu memberikan aba-aba lisan Badai,
maka semua peserta menepuk-nepuk punggung peserta didepannya dengan tujuan
relaksasi.Jika pemandu memberikan aba-aba lisan Hujan Rintik, maka semua
peserta memijit pundak peserta didepannya dengan tujuan relaksasi.Lakukan
permainan ini jika peserta sudah merasa lelah atau jenuh.Tujuan dari
permainan ini adalah :Mengembangkan kebersamaan antar peserta.
Yel - Yel Untuk Kebersamaan
Quote:
Yel-yel
ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, dilaksanakan berdiri dalam
formasi barisan atau lingkaran. Seorang pemandu untuk memberikan aba-aba lisan
Salam Rimba, kemudian seluruh peserta menjawab dengan gerakan berturut-turut
sebagai berikut :
1.
Bertepuk tangan 3 kali.
2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali.
3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali.
4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali.
5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali.
6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal.
Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan.
2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali.
3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali.
4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali.
5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali.
6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal.
Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar