Rabu, 26 September 2012

Games Kebersamaan


Polisi dan Penjahat
Quote:
Permainan diikuti oleh lebih dari 20 peserta, dengan formasi bergandengan tangan membuat satu lingkaran, tentunya dengan posisi berdiri.Pemandu mengkaitkan sebuah hulahop pada salah satu gandengan tangan yang telah membentuk lingkaran tersebut. selanjutnya searah jarum jam berputar, pemandu mengkaitkan sebuah sarung pada salah satu gandengan tangan dengan jarak kira-kira 10 peserta.jika peserta sudah siap, pemandu memberi aba-aba kepada peserta untuk memindahkan hulahop dan sarung kepada peserta dalam lingkaran, bergerak searah jarum jam, tentunya tidak diperbolehkan melepas gandengan tangan.Hulahop dalam permainan ini, diibaratkan sebagai polisi yang bergerak mengejar penjahat. Sedangkan sarung adalah adalah penjahat yang berusaha berlari menghin dari kejaran polisi.Permainan akan berakhir jika posisi hulahop dan sarung bertemu pada salah satu peserta dalam lingkaran, selanjutnya peserta ini akan diberi hukuman.Peralatan yang dibutuhkan : Sebuah hulahop dan sarung.
Tujuan Permainan :
Untuk mencairkan suasana selama kegiatan.
Menyusun Cerita
Quote:
Permainan ini bertujuan melatih seseorang untuk membuat sebuah opini, dan merupakan permainan kompetisi antar kelompok. pemandu menyediakan beberapa lembar kertas yang berisi sebuah gambar dan harus berbeda dengan yang lainnya. Jumlah kertas bergambar haruslah sama dengan jumlah peserta yang mewakili kelompoknya.Langkah awal kelompok yang beradu, membuat barisan saling berhadapan dengan kelompok lainnya, bisa juga semua peserta membuat formasi lingkaran. Intinya pemandu akan meletakan kertas bergambar ditengah-tengah para peserta agar semua peserta dapat mengambilnya secara bersamaan.Setelah siap, pemandu memberi aba-aba agar semua peserta segera mengambil kertas bergambar secara bersamaan, ingat tiap peserta harus mengambil satu lembar kertas. Setelah semua peserta mendapat kertas bergambar, pemandu mempersilahkan masing-masing kelompok untuk berdiskusi menyusun gambar menjadi sebuah cerita menarik.Kemudian, saatnya setiap kelompok harus membawakan ceritanya kepada semua peserta lainnya. Caranya, masing ?masing anggota kelompok harus berbaris membawa dan menunjukan gambar sesuai urutan cerita. dimulai dari anggota yang pertama, mulai menceritakan bagian ceritanya masing-masing. Kemudian dilanjutkan sesuai urutan dalam barisan tersebut. Jadi masing-masing anggota mendapat kesempatan untuk bercerita, namun isi cerita harus berkaitan dengan isi cerita anggota sebelumnya. Penilaiannya adalah berdasarkan isi cerita yang sesuai dan menarik.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta.
Tujuan dari permainan ini adalah :Mengajak setiap
peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya.Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan.
Karapan Sapi
Quote
Karapan Sapi berasal dari Pulau Madura ? Jawa Timur Indonesia, yang merupakan jenis olah raga pacu yang menggunakan dua ekor sapi untuk membawa seorang joki, tentunya dengan sebuah kereta yang menyerupai bajak sawah. Dalam permainan outbond karapan sapi ini, tidak menggunakan dua ekor sapi. Jadi jangan salah paham ya, karena kita akan gunakan istilah karapan sapi sebagai nama dari permainan outbond.Permainan ini merupakan pertandingan yang menyerupai karapan sapi, setiap kelompok terdiri dari 3 orang. 2 orang bertugas menarik karapan dan 1 orang sebagai jokinya.Panitia menyediakan 4 buah karung goni yang akan digunakan sebagai karapannya.Aturan mainnya setiap kelompok akan bertanding secara bertahap. Sebagai persiapan, masing-masing kelompok yang bertanding mendapat 1 karung goni, 2 orang bersiap untuk menyeret karung goni dan 1 orang duduk sambil berpegang erat diatas karung goni.Setelah aba-aba mulai terdengar, barulah setiap kelompok yang telah siap berada digaris start bergerak menyeret karung goninya menuju garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai garis finish dan joki tidak terjatuh dari karungnya
Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Membangun kerjasama kelompok, dengan strateginya.
Untuk membuat perlombaan antar kelompok
Saran Lakukan permainan ini pada tempat yang rata dan kering, hamparan pasir dipantai sangat cocok untuk permainan ini.
Berebut Topi Rimba
Quote:
Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10 meter.Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama.Letakan 10 topi rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan nomornya.Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba.
Perlengkapan yang disiapkan :10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain.Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada.
Tujuan dari permainan ini adalah :Membuat perlombaan antar kelompok.Masing - masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu.Ketangkasan peserta dalam berlomba.
Barisan Nama
Quote:
Barisan nama, adalah sebuah permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai dengan 10 orang. Aturan mainnya setiap peserta diberi penjepit kertas, alat tulis dan satu lembar kertas A4 warna putih yang tidak ada tulisan.Pemandu memberikan perintah agar semua peserta menuliskan nama depannya pada selembar kertasnya masing-masing, tulisan harus menggunakan huruf capital dan cukup besar untuk dilihat dari jarak 3 meter.Setelah semua peserta menuliskan namanya, kertas ditempelkan di dada dengan menggunakan penjepit dengan posisi tulisan nama dapat terlihat di dada dengan jelas.Secara spontan, pemandu memberikan perintah kepada peserta untuk membuat satu barisan dalam kelompoknya masing-masing. Posisi peserta dalam barisan tidak boleh sembarangan dan haruslah urut sesuai dengan abjad nama yang telah ditulis diatas kertas.
Perlengkapan yang disiapkan : Kertas, alat untuk menulis dan penjepit (peniti)
Tujuan dari permainan ini adalah :Jika berjalan sendiri-sendiri, penyusunan formasi akan berbenturan dengan masing-masing pemikiran setiap peserta, sehingga permainan akan tampak kacau. Dari kejadian ini, sangat penting bagi setiap kelompok untuk memiliki seorang leader yang dapat memimpin dan mengatur kelompoknya membuat barisan nama.
Memindahkan Sarung
Quote:
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, Permainannya adalah memindahkan barang dengan sarung yang digantungkan di kepala secara estafet, namun tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memindahkan barang dengan sarung.Permainan ini hampir sama dengan memindahkan kalung tali secara estafet dan tidak ada barang yang digantungkan. Pada permainan ini barang dibawah dengan sarung, seperti ayunan bayi (barang bisa berupa bola atau apa saja), nah tentu saja akan lebih sulit karena selain sarung yang dikalungkan di kepala harus cepat dipindah, serta barang yang dibawah tidak boleh jatuh.Perlengkapan yang disiapkan :
Sarung, dalam hal ini anjurkan setiap peserta untuk membawa sarung dalam daftar perlengkapan
pribadi.
Barang yang akan dibawa bisa berupa batu, timba berisi air dan lain-lain.Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerja sama kelompok.Permainan ketangkasan dalam melakukan permainan ini.
Bola Ping Pong
Quote:
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Setiap peserta memegang 2 sumpit, dimulai dari peserta pertama akan membawa bola ping-pong dengan sumpit, kemudian memberikan kepada anggota kelompokan secara berurutan, hingga bola dapat berpindah kepada anggota yang paling akhir. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan bola, dan memiliki waktu tercepat dalam menyelesaikan permainan ini.Perlengkapan yang disiapkan :Bola ping pong seusai dengan jumlah kelompok, sumpit untuk masing - masing peserta mendapat 2 buah.Tujuan dari permainan ini adalah :membangun kerjasama dan ketangkasan untuk menyelesaikan permainan ini.
Presentasi Produk Unggulan
Quote:
Semua peserta dibentuk dalam beberapa kelompok, dengan bahan yang telah ditentukan diharuskan membuat hasil kerajinan tangan. Secara bergiliran harus mempresentasikan hasil karyanya kepada semua peserta yang hadir. Pemenangnya adalah hasil karya yang mendapatkan minat dari semua peserta.Perlengkapan yang disiapkan :lem kayu, stick penggangan ice cream.Tujuan dari permainan ini adalah :Melakukan permainan kreatifitas antar kelompok dalam membuat produk menarik.
Memberi kesempatan kelompok untuk melakukan presentasi tentang produknya.
Memindahkan Kalung Tali
Quote:
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung tali tersebut.Perlengkapan yang disiapkan :Tali tampar untuk kalung sesuai jumlah kelompok.Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerjasama tim.
Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.
Benang Kusut
Quote:
Merupakan jenis permainan kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat itu. Kemudian ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan instruktur. Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung tali di tangan kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali dilakukan serentak.Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak dapat menarik ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh para pemain lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut. Tantangannya, satu kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi menjadi sebuah formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu penyelesaiannya.Peralatan yang disiapkan :tali raffiaTujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerjasama dan ketangkasan dalam sebuah kelompok
Nama Saya Adalah
Quote:
Dalam permainan ini, semua peserta harus mengenalkan dirinya. Sebelumnya buatlah formasi agar seluruh peserta berdiri membuat lingkaran. Kemudian secara acak pemandu menunjuk salah satu peserta untuk mengenalkan dirinya kepada semua peserta, namun peserta yang mengenalkan diri harus menyebutkan nama depannya dan sebuah nama alias yang unik, sebagai contoh ?Nama Saya Udin Kumis!? (Karena peserta tersebut bernama asli Udin, dan kebetulan memiliki kumis yang lebat).Mengenalkan diri cukup hanya dengan satu contoh kalimat tersebut diatas, dan harus dilakukan untuk semua peserta. Permainan ini cukup menghibur, karena kebanyakan peserta mengenalkan dirinya dengan malu-malu dan mungkin lucu. Lakukan permainan ini untuk mencairkan suasana.Tujuan dari permainan ini adalah Membangun komunikasi peserta kelompok.Melepas segala atribut, jabatan dan status masing-masing peserta.
Intelegensia Leader
Quote:
Merupakan permainan kompetisi individu untuk mencari ketua kelompok. Intelegensia leader sangat mengandalkan daya ingat, dan semua peserta harus mengikuti kompetisi ini. Untuk peserta dengan nilai tertinggi dan menduduki rangking 1 dan 2, akan ditunjuk sebagai leader dalam kelompok.
Permainannya adalah, setiap beserta diberikan lembar soal yang berisi 20 pertanyaan yang sangat mudah. Instruktur menyiapkan lembar kunci jawaban yang boleh dicontek oleh setiap peserta, namun urutan nomor pada lembar kunci jawaban tidak sesuai dengan urutan pertanyaan pada lembar soal. Dan peserta hanya boleh menulis nomor angka dalam menjawab.ada saat mencontek, lembar kunci jawaban berada 5 meter didepan posisi peserta. Peserta harus beranjak melihat kunci dan harus meninggalkan lembar soal pada posisi awal. Dalam intelengensia leader permainan dibatasi oleh waktu, masing-masing 3 menit untuk dapat menjawab pertanyaan. Pada akhir permainan, semua lembar soal yang berisi jawaban di kumpulkan dan dinilai oleh instruktur. Setelah mendapat 2 leader, seluruh jumlah peserta dibagi menjadi 2 kelompok.Alat - alat yang dibutuhkan adalah :Stopwatch, Lembar soal dengan 20 pertanyaan mudah sebanyak jumlah peserta, Lembar kunci jawaban sebanyak 5 lembar.Tujuan dari permainan ini adalah :Mengasah daya ingat masing - masing peserta.Mencari ketua kelompok, karena peserta yang memiliki nilai terbaik akan ditunjuk untuk memimpin kelompok.
Lingkar Konsentrasi
Quote:
Semua peserta membentuk formasi lingkaran, bergandengan tangan, berdiri dan instruktur berada ditengah lingkaran. Permainannya adalah masing -masing peserta menyebutkan bilangan secara berurutan. Dimulai dari peserta pertama yang ditunjuk oleh instruktur, dilanjutkan oleh peserta berikutnya searah jarum jam, disetiap bilangan kelipatan 5, peserta tidak boleh menyebutkan bilangan, namun harus menyebutkan yel-yel yang telah disepakati. Jika ada kesalahan dalam menyebut, maka permainan harus diulang dari awal. Permainan akan berakhir jika seluruh peserta dapat menyebut dengan benar.Sasaran dalam permainan ini adalah, konsentrasi dan kerjasama tim. Silakan melakukan pengembangan dalam konsep permainan ini, semisal menyebutkan angka bilangan genap, bilangan prima dan lain-lain. Sebaiknya lakukan permainan lingkar konsentrasi di awal rangkaian kegiatan outbond, karena sangat membantu dalam mencairkan suasana kebersamaan.Alat - alat yang dibutuhkan adalah :Stopwatch apabila diperlukan untuk mengukur waktu keberhasilan dalam menyelesaikan permainan lingkar konsentrasi.Tujuan dari permainan ini adalah :Mengasah konsentrasi setiap peserta, mencairkan suasana kegiatan.
Berlindung Dalam Lingkaran
Quote:
Buatlah sebuah garis lingkaran pada tanah tempat bermain, perkirakan semua peserta dapat berdiri di dalam lingkaran itu. Aturlah agar peserta yang sedang berada dalam lingkaran dapat dijangkau oleh tangan salah satu peserta yang berada diluar garis lingkaran.Permainannya adalah satu peserta yang berada di luar lingkaran berusaha memegang peserta yang ada di dalam lingkaran, namun peserta yang berada dalam lingkaran berusaha menghindar dan tidak boleh keluar dari garis lingkaran. Begitu juga peserta yang berada di luar lingkaran tidak boleh masuk ke dalam lingkaran. Jika ada peserta yang berada di dalam lingkaran terpegang tangan oleh peserta di luar lingkaran, maka peserta tersebut harus mengganti posisi sebagai peserta yang berada diluar lingkaran.Perlengkapan yang disiapkan adalah :Tali rafia dan pasak untuk membuat marka lingkaran pada tanah.Tujuan dari permainan ini adalah :Merupakan permainan yang dapat diikuti oleh semua peserta dan hanya permainan ketangkasan untuk menghindar pegangan peserta yang ada di luar lingkaran. Permainan ini sangat menghibur.



Perkataan Simon
Quote:
Permainan ini menguji kejelian semua peserta pada setiap perkataan pemandu. Dilakukan oleh semua peserta dengan formasi berkumpul membentuk lingkaran. Aturan mainnya adalah sebagai berikut :
Semua pemain harus mengikuti perkataan dari pemandu, namun pemandu harus mengawali perkataan dengan Kata Simon. Misalnya, kata simon semua harus maju selangkah, maka semua peserta harus maju satu langkah. Untuk yang tidak mengikuti perkataan ini dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman.Yang menarik dari permainan ini, pemandu berusaha menjebak semua peserta dengan perkataan yang tidak diawali dengan Kata Simon. Misalnya setelah maju selangkah silahkan duduk. Jika perkataan ini diikuti, peserta dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman. Karena ini bukan perkataan dari simon.Tujuan dari permainan ini adalah :Setiap peserta harus selalu memperhatikan ucapan yang didengarnya, dan tidak mudah terprovokasi.
jadi jelaslah bahwa sebenarnya, semua harus jeli mengikuti perkataan simon. Jika tidak akan mendapat hukuman dari permainan ini.
Badai dan Hujan Rintik
Quote:
Permainan ini bertujuan untuk kebersamaan dan relaksasi pada saat jeda kegiatan. Peserta membuat formasi lingkaran dan menghadap kesamping kanan secara bersamaan. Kemudian pemandu akan memberikan aba-aba lisan kepada semua peserta.Jika pemandu memberikan aba-aba lisan Badai, maka semua peserta menepuk-nepuk punggung peserta didepannya dengan tujuan relaksasi.Jika pemandu memberikan aba-aba lisan Hujan Rintik, maka semua peserta memijit pundak peserta didepannya dengan tujuan relaksasi.Lakukan permainan ini jika peserta sudah merasa lelah atau jenuh.Tujuan dari permainan ini adalah :Mengembangkan kebersamaan antar peserta.
Yel - Yel Untuk Kebersamaan
Quote:
Yel-yel ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, dilaksanakan berdiri dalam formasi barisan atau lingkaran. Seorang pemandu untuk memberikan aba-aba lisan Salam Rimba, kemudian seluruh peserta menjawab dengan gerakan berturut-turut sebagai berikut :
1. Bertepuk tangan 3 kali.
2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali.
3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali.
4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali.
5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali.
6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal.
Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti.
Tujuan dari permainan ini adalah :
Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar