Sabtu, 09 Mei 2015

Kenapa Harus Malas Datang Kearisan Keluarga ?

Firman Allah SWT "Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka." (QS. Muhammad: 22-23)

ARISAN KELUARGA merupakan sarana silaturahmi untuk membentuk tali persaudaran yang kuat ,dan memiliki manfaat jaka panjang 

Dari Abu Hurairoh r.a: Rosul bersabda barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya, dan di panjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahmi (H.R. Bukhori)

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas fenomena tentang arisan keluarga yang merupakan salah satu sarana silaturahmi yang sangat bermanfaat seperti hadist diatas bisa meluaskan Rizki dan memperpanjang umur.
Arisan keluarga merupakan acara perkumpulan saudara sedarah atau satu keturunan untuk menjalin siliturrahmi dan menciptakan kekeluargaan yang salin tolong menolong
Biar tambah semangat datang kearisan keluarga kita harus tau niat,tujuan dan manfaatnya diadakan arisan keluarga 
1. Niat karena Allah SWT
2. Saling Tolong Menolong dalam kebaikan
3. Sebagai Wadah Menukar Informasi
4. Mendapatkan atau mencari nasehat
5. Mencari Solusi dalam pemecahan suatu masalah keluarga
6. Menyambung Silaturahmi agar tidak terputus dan keturunan berikutnya saling mengenal 
7. Memperpanjang Umur
8. dan Menambah Rizki

Allah Swt berfirman, "Hai sekalian manusia, ... Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS. an-Nisa: 1)

Biar tidak salah dalam menjalankan Arisan keluarga ada hal yang harus dihindari

1. Jangan Niat datang untuk menyombongkan diri

Tidak masuk syurga orang yang ada dalam hatinya seberat biji sawi dari kesombongan. Maka seorang lelaki bertanya: Sesungguhnya seseorang menyukai pakaiannya yang bagus dan seliparnya yang elok. Nabi menjawab: Sesungguhnya Allah Maha Indah dan menyukai keindahan, sombong itu menolak kebenaran dan meremehkan manusia." (HR Muslim)

2. Jangan Isi acara  dengan saling mencela dan membicarakan kejelekan saudara sendiri 

Firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (Surah Al Hujuraat : 11)

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijalankan bagi penulis dan pembaca 

" Jika anda ingin menjadi anak sholeh yang berbakti kepada orang tua salah satunya adalah dengan menghadiri arisan keluarga dan jangan pernah menolak ajakan orang tua dengan alasan yang tidak jelas jika tidak ingin membuat hatinya terluka "

Wallahua'lam bishowab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar